Saat ini olahraga lari sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Baik itu gaya hidup di kota-kota besar maupun di kotaa-kota kecil. Buktinya, saat ini sudah banyak komunitas-komunitas lari yang tumbuh dari waktu ke waktu. Seolah-olah olahraga lari saat ini bagaikan virus yang siap menularkannya. Banyak orang memilih olahraga lari karena alasan olahraga yang paling simpel dan tidak membutuhkan alat dan biaya yang relatif mahal. Tinggal pasang sepatu, langsung bisa berolahraga dimana saja. Mau putar komplek perumahan, putar lapangan bola pun bisa dilakukan. Jika ingin mendapatkan jarak yang lebih jauh, bisa dilakukan dengan berlari di jalan raya. Saat kita sedang berlari, hampir seluruh bagian tubuh kita bergerak.
Olahraga lari merupakan latihan kardiovaskuler yang cukup sempurna. Kita bisa membakar banyak lemak, paru-paru dipaksa menghirup banyak udara, bahkan dapat menyingkirkan stress serta depresi jika sedang mengalaminya. Selain itu masih banyak manfaat yang kita dapatkan dengan berlari. Apa saja sih manfaatnya? Berikut paparannya secara singkat.
1. Menurunkan Berat Badan.
Olahraga lari adalah salah satu cara paling cepat untuk membakar kalori. Jika kita melakukannya secara rutin, maka dalam waktu singkat kita dapat menurunkan berat badan.

2. Menyehatkan Jantung.
Saat kita berlari, otomatis sirkulasi darah menjadi lancar. Hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.

3. Daya Tahan Tubuh Meningkat.
Olahraga lari yang dilakukan secara teratur bisa meningkatkan ketahanan tubuh. Yang biasa terserang alergi, batuk, dan flu bisa terhindar dari serangannya.

4. Koordinasi Tubuh Menjadi Bagus.
Saat kita berlari maka sistem koordinasi tubuh akan terlatih. Misalnya koordinasi antara tangan dengan mata atau kaki dengan mata.

5. Menghindari Stress.
Ketika kita berlari, sistem pernapasan akan bekerja maksimal dengan cara menerima dan mengeluarkan udara. Hal inilah yang bisa membantu mengproteksi (menghindari) stress dalam tubuh.

6. Mempercepat Kerja Otak.
Ketika berlari, sirkulasi darah akan berjalan dengan baik. Hal ini akan membuat banyak oksigen yang masuk dalam jaringan tubuh, termasuk juga berpengaruh pada kerja otak. Tak heran jika mereka yang rajin berolahraga khususnya olahraga lari otaknya pada encer (baca: cerdas)

7. Mengatasi Gangguan Pencernaan.
Olahraga lari membuat proses metabolisme tubuh menjadi lancar. Termasuk juga menyehatkan saluran pencernaan. Banyak sekali pelari yang awalnya memiliki riwayat gangguan pencernaan terutama sakit maag kronis setelah rajin olahraga lari, gangguan maag berangsur-angsur hilang. Dan fungsi pencernaannya normal kembali.

8. Menormalkan Kadar Gula Darah
Salah satu efek dari berolahraga lari adalah membuat metabolisme tubuh menjadi normal. Metabolisme tubuh yang bagus ini membuat kadar gula dalam darah menjadi bagus bahkan lambat laun menjadi normal. Ada pelari yang sudah melakukan pengobatan dengan cara penyuntikan insulin. Karena rajin berolahraga lari, efeknya kadar gulanya menjadi normal dan penyuntikan insulinnya di stop.

9.Tidur Berkualitas.
Setelah berolahraga lari, otot tubuh akan mengalami kelelahan dan mengirimkan sinyal untuk beristirahat. Hal ini sangat baik bagi Anda yang mengalami kesulitan tidur. Tidur Anda menjadi nyenyak dan berkualitas.

10. Menjadi Awet Muda.
Olahraga lari membuat tubuh menjadi berkeringat. Hal ini akan merangsang toksin racun keluar melalui pori-pori kulit. Kulit menjadi sehat dan wajah kita tampak awet muda.

Membaca manfaat olahraga lari yang cukup banyak, semoga tulisan ini bisa merangsang pembaca untuk giat berolahraga khususnya olahara lari yang mudah dan murah. Selamat berlari. Mari lari. Ayo lari.

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here