Adakalanya orang melalaikan beberapa hal yang seharusnya dihindari setelah berolahraga lari. Apa saja hal tersebut? Berikut paparannya.

1. Mengonsumsi makanan berlebihan
mengonsumsi makanan bukan melulu jumlah (banyaknya) yang dimakan. Makanan yang seharusnya dikonsumsi setelah berlari adalah jenis makanan yang sehat dan dapat mengembalikan stamina tubuh. Walaupun Anda bukan seorang atlet lari, namun tetap perlu mengonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi.

2. Melakukan pekerjaan berat
Jika Anda berlari jarak pendek (5 km) mungkin masih aman untuk melakukan pekerjaan berat. Tetapi jika Anda habis melakukan olahraga lari dengan jarak cukup jauh, sebaiknya jangan lakukan. Pasalnya, tubuh yang sudah melakukan lari jarak jauh butuh istirahat untuk mengembalikan kondisi tubuh sebelum beraktivitas rutin. Jika Anda paksakan melakukan pekerjaan berat, efeknya otot tubuh terasa sakit dan tulang bisa mengalami cidera.

3. Kurang minum
Kekurangan minum air putih jangan sampai Anda lakukan saat berolaraga lari. Kekurangan minum akan menyebabkan masalah bagi tubuh. Sebelum dan sesudah melakukan olahraga lari Anda butuh minum yang sesuai anjuran. Pasalnya, air minum menjadikan kondisi tubuh terhidrasi (tidak mengalami dehidrasi) dan bisa membuang racun dalam tubuh.

4. Menggunakan pakaian yang sama
Setelah berlari, sebaiknya segera ganti dengan pakaian yang bersih. Menggunakan pakaian yang sama akan menimbulkan masalah. Keringat yang menempel pada pakaian mengandung bakteri yang bisa menyebabkan penyakit kulit.

5. Duduk setelah berlari
Yang dimaksud duduk setelah berlari adalah duduk yang dilakukan dalam waktu cukup lama. Sikap duduk adalah sikap tubuh yang tidak bergerak. Hal ini bisa menyebabkan otot tubuh terganggu. Sebaiknya Anda bisa mengganti aktifitas duduk dengan aktifitas pendinginan setelah berlari. Dan bisa dilanjutkan dengan meditasi.

Sumber: Kompas.com re-write hadiiswa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here